Sambutan Rektor

Zuhri, S.Sos.I., M.Pd.I

Assalamu’alaimum, Wr., Wb.,

             Sebagai perguruan tinggi yang lahir dari rahim Pesantren, Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar  Lubuklinggau mengedepankan tiga landasan utama yang menjadi denyut dan urat nadi nafasnya. Ketiga landasan tersebut adalah Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan, dan Ke-Pesantrenan.  Ketiga landasan tersebut menjadi ruh yang terpadu, terintegrasi, menyatu dalam setiap kegiatan kampus. Oleh sebab itu, tidak ada satupun kegiatan kampus yang boleh lepas dari ketiga landasan tersebut. Disinilah letak keunikan Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar  Lubuklinggau. Untuk itu, visi dan misi IAI Al-Azhaar Lubuklinggau juga tidak lepas dari ketiga landasan tersebut yaitu, “Menjadi Kampus Terkemuka, Unggul, Mandiri, dan Religius Tahun 2030”.

          Dalam usianya yang masih sangat muda dan belum genap berumur 10 tahun, IAI Al-Azhaar terus melakukan lompatan-lompatan penting. Diantara lompatan-lompatan itu adalah, IAI Al-Azhaar naik status dalam usianya yang ke 6 tahun, dan menjadi perguruan tinggi pertama yang Institusinya terakreditasi dalam Kopertais Wilayah VII Sumbagsel  pada tahun 2015. IAI Al-Azhaar Lubuklinggau  –yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhaar Lubuklinggau– berdiri pada tahun 2008 dengan izin Direktur Jenderal  Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/302/2008. Dan pada tahun 2014 STAI Al-Azhaar Lubuklinggau naik status menjadi Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar  Lubuklinggau, dengan Nomor: 3776 Tahun 2014.

          Dengan naiknya status tersebut, maka IAI Al-Azhaar Lubuklinggau  bisa menyelenggarakan beberapa fakultas antara lain: 1. Fakultas Ekonomi Islam/Syari’ah dengan dua program studi yaitu; a. Prodi Ekonomi Syari’ah (ESy), dan b. Prodi Perbankan Syari’ah (PS). 2. Fakultas Tarbiyah dengan lima program studi yaitu; a. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), b. Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), c. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), d. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan e. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). 3. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam dengan satu program studi yaitu; a. Prodi Manajemen Dakwah (MD). Dan alhamdulillah, semua program studi di atas sudah terakreditasi.

          Dan dalam rangka mengejawantahkan dan mengembangkan visi dan misi IAI Al-Azhaar Lubuklinggau dalam bingkai Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka IAI Al-Azhaar Lubuklinggau   yang didukung penuh oleh Yayasan Permata Nusantara Al-Azhaar (YAPENA) secara bertahap melakukan beberapa hal antara lain sebagai berikut, 1. Memperkuat SDM, yaitu dengan cara lanjut kuliah ke tingkat yang lebih tinggi atau tingkat Doktoral bagi dosen, dan Magister bagi tenaga kependidikan, serta mengikutkan mereka dalam beberapa workshop dan pelatihan yang berhubungan dengan tugas pengembangan perguruan tinggi. 2. Melakukan perbaikan manajemen organisasi dan manajemen pelayanan, sehingga menjadi good college of management and service. 3. Melakukan perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana secara bertahap, baik dananya yang datang dari Yayasan atau mencari bantuan yang halal dari pemerintah dan masyarakat. 4. Meningkatkan akreditasi Intitusi dan semua program studi, yang sudah B menjadi A, dan yang masih C menjadi minimal B. Karena dari 8 program studi yang ada, baru MPI yang mendapat akreditasi B. Pada saat sambutan ini dibuat, sedang diusulkan untuk re-akreditasi dua program studi, yaitu prodi ESy dan BKI. 5. Melakukan publikasi hasil research dan penelitian dosen dan mahasiswa secara istiqomah dan berkesinambungan, baik malalui koran, jurnal, dan buku, nasional maupun internasional. 6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), terkhusus yang dilakukan oleh para dosen juga mahasiswa. 7. Menanamkan ruh entrepreneurship dalam jiwa mahasiswa sejak semester awal dengan memasukkan mata kuliah dan praktek lapangan kewirausahaan agar kelak mahasiswa mampu mandiri dan menjadi entrepreneur yang siap mandiri dan tidak hanya mengandalkan untuk menjadi PNS. 8. Mengejawantahkan program penghentikan semua kegiatan ketika adzan berkumandang dan shalat berjama’ah di masjid kampus bagi seluruh civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa sebagai implementasi dari visi “Religius” IAI Al-Azhaar Lubuklinggau.

          Disamping visi dan misi yang telah disampaikan di atas, IAI Al-Azhaar Lubuklinggau  juga berusaha untuk melahirkan sarjana yang bukan hanya ber-IQ tinggi, tapi juga ber-EQ dan ber-SQ mumpuni, profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan berakhlak karimah. harapannya, mahasiswa dan alumni IAI Al-Azhaar Lubuklinggau bisa menjadi pelita di tengah-tengah masyarakat global, di mana degradasi moral dan ketimpangan akhlak sudah menjadi makanan dan komsumsi sehari-hari.

          IAI Al-Azhaar Lubuklinggau sebagai lembaga Nirlaba, juga tidak melepas diri untuk menjadi lembaga sosial yang bisa membantu masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan kuliah di IAI Al-Azhaar Lubuklinggau, yaitu dengan cara memberikan beasiswa kepada masyarakat setiap tahun bagi yang kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa tersebut diberikan kapada calon mahasiswa reguler yang berprestasi dan kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Lurah atau RT setempat.

          Semoga web ini menjadi informasi yang akurat bagi masyarakat untuk mengenal lebih dalam tentang IAI Al-Azhaar Lubuklinggau, terutama bagi mahasiswa IAI Al-Azhaar Lubuklinggau itu sendiri.

          Dan akhirnya, semoga IAI Al-Azhaar Lubuklinggau  dalam misi sucinya nan mulia dapat berkontribusi banyak dalam rangka ikut serta mencerdaskan anak bangsa, dan membangun negara yang makmur dan ber-keadilan li izzil Islam wal muslimin. Amien….

Wassalamu’alaikum Wr., Wb.,

Lubuklinggau, 7 November 2017,

Rektor IAI Al-Azhaar Lubuklinggau

                                                                                                                                         

 

 Zuhri, S.Sos.I., M.Pd.I

NIDN: 2116097401