Kata Pengantar Ketua Prodi PS

Ikit Ricardo

Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas kehadiran kampus Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar di kota Lubuklinggau-Sumatra Selatan. Kehadiran IAI Al-Azhaar membawa dampak positif terhadap perkembangan dan perubahan sumber daya manusia. Kampus IAI Al-Azhaar sudah terakreditasi BAN-PT dengan No.644/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015. Terdapat tiga fakultas di kampus IAI Al-Azhaar yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Fakultas ekonomi dan bisnis islam terdiri dari dua program studi yaitu Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah.

Program studi perbankan syariah merupakan program studi favorit yang banyak diminati oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap lembaga perbankan syariah. Adapun visi  prodi perbankan syariah “Menjadi program studi centre of excellence dalam proses penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam rangka menyiapkan tenaga professional, handal dan kreativitas  dibidang lembaga keuangan syariah pada tahun 2020”. Sedangkan misi prodi perbankan syariah “(a) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional, kreatif dan inovatif. (b) Menyediakan tenaga pengajar yang berkualitas dalam bidangnya. (c) Membentuk dan mengembangkan karakter jiwa pengabdian, keikhlasan, kreatif dan keteladanan. Dan (d) Mempersiapkan personal yang mandiri penuh wawasan dalam mengambil setiap momentum guna terwujudnya  perekonomian  yang dinamis,akseleratif dan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi,tanpa meninggalkan nilai-nilai keislaman”.

Program studi perbankan syariah menyelengarakan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) dengan gelar Sarjana Ekonomi (S.E), selain itu yang terpenting adalah program studi perbankan syariah sudah terakreditasi oleh BAN-PT dengan No. 0003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2016.

Program Studi Perbankan Syariah menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi mampu menguasai aplikasi akuntansi dan keuangan, pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial perusahaan dan sektor publik sebagai manajer maupun entrepreneur yang mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan secara profesional serta mampu memahami perkembangan teknologi sistem informasi bidang akuntasi dan keuangan yang aplikatif.

Kompetensi Lulusan S1 Perbankan Syariah IAI Al-Azhaar lubuklinggau dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk menyusun laporan keuangan, melaksanakan audit keuangan, memahami operasional perbankan konvensional maupun syariah, memahami manajemen perpajakan, mampu melakukan analisis laporan keuangan.

Lulusan S1 Perbankan Syariah memiliki integritas yang kuat,memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang akuntansi, kemampuan memimpin orang lain. Menguasai teori dan konsep ekonomi syariah, Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEK dalam penyelesaian masalah. Mampu mengambil keputusan strategik dan operasional dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, serta mampu merekomendasikan alternatif solusi pada berbagai bentuk kegiatan muamalah.

Lulusan S1 Perbankan Syariah bisa Berkarir di Pemerintahan, Swasta auditor, BPK, KPK, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak di seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, dan menjadi Entreprenuer (Wirausahawan).